Wednesday, July 01, 2009

Multiple-choice Paraphrase


Penilaian vocabulary jenis paraphrase pilihan ganda menawarkan lebih banyak keuntungan daripada jenis penilaian vocabulary yang lain, karena konteksnya lebih mudah untuk dipersiapkan. Pemahamannya ditentukan dengan pekerjaan siswa memilih sinonim atau paraphrase soal vocabulary. Bagaimanapun, memilih kata yang benar lebih tergantung pada mengetahui kata kunci daripada menemukan makna dalam kalimat.

Yang Perlu Dipersiapkan

a. Pilihan Vocabulary dan Persiapan Konteks

Dalam menulis soal paraphrase, kita perlu mengikuti tahapan dalam mempersiapkan soal yaitu: (1) memilih kata yang akan diujikan; (2) menyiapkan konteks kalimat; (3) memilih distractors; dan (4) menulis perintah.

Hal pertama yang harus dilakukan guru adalah memilih kata. Sebenarnya guru dapat mengurangi waktu dalam mempersiapkan konteks kalimat dengan menekankan makna yang berasal dari kata bukan dari konteks kalimat. Seperti ini contohnya:

He was irate when he heard about the new plans.
A. intersetd B. surprised *C. angry D. sad

Tetapi siswa dengan kemampuan bahasa Inggris yang kurang tidak akan tahu sinonim atau padanan kata untuk kata yang mempunyai sinonim yang variatif. Disamping itu ada juga beberapa kata bahasa Inggris yang sulit dicarikan persamaannya. Perhatikan kata pilot, misalnya, yang muncul disejumlah buku; kata itu dapat diujikan dengan menjelaskan maknanya:

My sister is a pilot. She can ______.
A. help sick people B. make clothes *C. fly an airplane D. teach students at school

b. Persiapan Distractors

Berikut ini beberapa petunjuk menyiapkan distractors yang diterapkan secara khusus pada soal paraphrase.

1. Cobalah untuk mendapatkan distractors yang berhubungan dengan subyek yang terdapat dalam kalimat. Hal ini sangat dianjurkan bagi siswa intermediate dan advance.

(poor) He just hit his shin.
*A. leg B. cousin C. fender D. fruit

Dalam membaca soal ini, siswa mungkin mengenali kata shin sebagai bagian dari tubuh. Jika demikian, siswa dengan melakukan proses eliminasi. Distractors yang lebih menantang meliputi back, foot, dan arm.

2. Cobalah untuk menghindari pasangan kata dari makna yang bertentangan dengan jawaban yang benar. Sering hal ini menimbulkan daya tarik siswa dan memberinya kesempatan yang lebih baik sebagai jawaban yang benar.

(poor) He plans to purchase some candy for his mother.
A. make *B. buy C. sell D. steal

3. Hindarilah menggunakan distractors dengan makna yang sama. Masalah ini digambarkan dengan contoh berikut:

(poor) His remorse was great indeed.
A. wealth *B. sadness C. strength D. power

Tanpa sengaja, penyusun tes pemula kadang-kadang memasukkan dua atau lebih distractors yang menyerupai maknanya. Jika siswa mengenali soal ini, dia dapat membuang dua-duanya, karena dia tahu bahwa hanya satu jawaban yang benar. Karena strength dan power mempunyai maka yang mirip, siswa mungkin memutuskan untuk memilih satu diantara dua yang disebutkan pertama. Pada tingkatan advanced bagaimanapun distractors dapat merupakan makna yang mirip dengan jawaban yang benar.

4. Hindari soal tipuan yang menggunakan close-spelling atau sound-contrast, karena tes vocabulary bukan ujian spelling. Siswa dengan kemampuan terbatas mungkin tahu makna kata tanpa melibatkan spelling dan pronunciataion tertentu.

(poor) They crossed the ocean on a liner.
A. sheep B. streamer C. bolt *D. vessel

Dalam contoh diatas distractors dipilih dengan suara mirip ship, steamer, dan boat.

5. Ketika menggunakan distractors frase, hati-hati bahwa jawaban benar tidak selalu yang paling panjang. Guru sering membuat jawaban benar lebih panjang karena mereka ingin meyakinkan mereka telah membuat paraphrase dengan kata kunci yang cukup mendekati.

(poor) That boy is very unusual; he’s a genius.
A. can see the future B. has received much money
*C. has unusual mental, inventive, and creative ability D. has a terrible illness

Ada dua pengamatan akhir yang harus dibuat untuk menulis distractors.: Pertama, soal pilihan ganda biasanya seharusnya lebih mudah daripada kata kunci didalam opsi. (Perhatikan contoh soal sebelumnya: Irate adalah kata kunci: angry adalah jawabannya, dan interested, surprised, dan sad adalah distractornya – yang semuanya merupakan kata-kata yang agak mudah.)
Kedua, ingat bahwa kesalahan siswa dapat digunakan sebagai distractors. Ketika guru menggunakan ini, guru tidak perlu mengikuti petunjuk yang kita bahas.

c. Persiapan Perintah

Perintah untu soal paraphrase pilihan ganda dapat di siapkan dengan mengikuti petunjuk pada perintah melengkapi pilihan ganda pada bab sebelumnya.

Alternatif Bentuk Lain dari Parafrase Pilihan Ganda

Ada dua jenis pertanyaan paraphrase yang keduanya menggunakan kata kunci dalam kalimat; yang satu menyuruh siswa untuk menemukan sinonim yang tepat atau kata yang berhubungan, dan yang lainnya menyuruh siswa memilih frase yang merupakan definisi pendek atau paraphrase dari kata kunci. Berikut merupakan empat cara alternative untuk menulis soal paraphrase.

1. Idioms dan frase lainnya
The salesman seemed quite down and out.
*A. poor B. disappointed C. lost D. angry

2. Phrasal context

a considerate little lady
A. worried B. tired C. happy *D. kind

3. Reading passage context
(Pertanyaan vocabulary dapat dimasukkan dalam pertanyaan reading comprehension)

Just then we saw him run out of the side door. As he turned the corner, a slip of paper fluttered to the ground. … With that paper, the police were able to trace the man’s wereabouts.

In the text above, trace means _____.
A. copy B. enter *C. locate D. eliminate

4. Related Word identification
(Pertanyaan ini tidak menggunakan sinonim, tetapi menggunakan contoh dan non-contoh dari kata kunci).

He eats lots of vegetables.
A. bananas B. peaches C. orange *D. carrots

5. Unrelated word identification

He lives in a big house.
A. attic *B. car C. basement D. bedroom

Kelebihan Parafrase Pilihan Ganda
Persiapan konteks lebih mudah
Skoring mudah dan konsisten
Pengukuran nilai yang sensitive

Kelemahan Parafrase Pilihan Ganda
Sulit untuk mendapatkan sinonim yang baik
Mudah bagi siswa untuk meniru pekerjaan temannya

1 comment: